Asal Usul Bangsa Mongol Yang Perlu Anda Ketahui

Asal Usul Bangsa Mongol Yang Perlu Anda Ketahui

Konon menurut sejarahnya bangsa Mongol berasal dari kawasan Asia bagian tengah. Tepatnya berada di  pegunungan Mongolia yang berbatasan dengan berbagai negara. Seperti di bagian selatan berbatasan dengan Cina, lalu bagian utara berbatasan dengan negara Siberia, sedangkan untuk batas timurnya adalah negara Munchiria dan bagian barat berbatasan dengan turkistan. Konon ceritanya bangsa Mongol itu memiliki tempat tinggal di Padang septa. Lantas bagaimana asal-usul bangsa Mongol itu?.

Sejarah Perkembangan Bangsa Mongol

Sebelum memutuskan untuk tinggal di dataran tinggi yang letaknya di sebelah utara utara gurun Gobi. Dulunya orang Mongol terdiri dari beberapa kelompok klan yang berdiri sendiri. Namun seiring berjalannya waktu mereka hidup berpindah-pindah dari satu wilayah ke wilayah lainnya mulai dari Manchuria hingga turkistan. Konon Menurut sejarahnya orang-orang Mongol tersebut sangat ditakuti oleh bangsa-bangsa di sekitarnya. Hal itu dikarenakan bangsa Mongol terkenal karena memiliki serangan yang sangat dahsyat.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar orang-orang Mongol tidak mudah terpengaruh dengan agama dan peradaban yang mengelilinginya. Di mana bangsa Mongol itu terkenal sangat taat dan patuh kepada para pemimpinnya termasuk agama Samaniyah. Agama samaniyah sendiri merupakan sebuah kepercayaan terhadap penyembahan binatang-binatang serta matahari terbit. Selain itu orang-orang Mongol juga memeluk agama dari para nenek moyangnya yaitu menyembah Tuhan bernama Sri langit biru yang kekal. Meskipun mereka mengakui adanya Tuhan, namun orang-orang Mongol itu tidak beribadah kepadanya. Melainkan melakukan penyembahan terhadap arwah arwah termasuk roh jahat. Menurut kepercayaannya roh jahat itu bisa mendatangkan sebuah bencana. Dengan begitu agar bencana itu tidak terjadi mereka akan memberikan sajian-sajian.

Penyebab agama itu sampai di tengah-tengah bangsa Mongol dikarenakan adanya faktor invasi yang dilakukan oleh orang-orang Mongol itu sendiri. Contohnya agama Islam merupakan pengaruh dari Persia dan daerah-daerah Golden Holden. Sedangkan untuk agama Buddha merupakan pengaruh dari Persia dan Tibet. Untuk bertahan hidup mereka bergantung pada hasil perdagangan tradisional yang dilakukannya dengan bangsa Turki dan Cina. Selain dikenal nomaden, bangsa Mongol itu juga mempunyai sifat yang kasar dan suka berperang. Bahkan mereka berani mempertaruhkan nyawanya hanya untuk mewujudkan keinginan serta ambisi politiknya.

Bangsa Mongol itu memiliki nenek moyang bernama Alanja Khan. Konon menurut ceritanya nenek moyang tersebut dikaruniai seorang anak laki-laki kembar bernama Mongol dan Tartar. Dipercaya dari kedua anak laki-laki itu melahirkan keturunan bangsa Tartar dan Mongol. Perlu diketahui bahwa bangsa Mongol pada waktu itu dipimpin oleh seorang raja bernama Ilkhan, Sedangkan untuk bangsa Tartar dipimpin oleh sanja Khan. Namun suatu ketika kedua raja tersebut terlibat dalam pertikaian sehingga mengakibatkan peperangan. Di dalam peperangan itu bangsa Tartar yang berhasil memenangkannya.

Siapa Pelopor Bangsa Mongol?

Menurut sejarahnya pelopor bangsa Mongol yaitu Yusugei. Hal itu bermula dari sekitar abad ke-12 salah seorang pemimpinnya berhasil menyatukan suku-suku Mongol di bawah pemerintahannya yaitu Temujin. Berkat keberhasilannya itu Temujin mendapatkan gelar ” Jengiz Khan”. Di mana arti dari gelar itu adalah seorang raja yang perkasa dan kuat. Pada masa pemerintahannya itu Jengiz Khan menetapkan kota Karakoram sebagai ibukota negara. Setelah dirinya berhasil menyatukan suku-suku Mongol, pemimpin tersebut melihat jika hampir semua barang yang dipunyainya berasal dari bangsa Mongol seperti keramik dari Cina, sutra dari Cina, obat-obatan dari Korea dan kayu yang berasal dari India. Karena hal itu membuat Jengiz Khan terdorong untuk merebut tempat-tempat tersebut, setelah dirinya berhasil membentuk sebuah tentara yang sangat kuat.

Pada waktu itu untuk melemahkan Dinasti Song, pemimpin bangsa Mongol tersebut memanfaatkan jin untuk melemahkan sasarannya dan ingin menguasai dataran Tengah yang subur di negara Cina. Setelah Jin itu berhasil masuk ke Tiongkok bagian tengah, jin itu menyerang Yajing sehingga menyebabkan Song mengalah. Perlu untuk diketahui bahwa nenek moyang dari kerajaan jin itu berasal dari sebuah suku bernama Jurche. Diketahui suku itu telah berhasil menguasai wilayah Tiongkok khususnya bagian utara kurang lebih 100 tahun. Sedangkan untuk jumlah pasukan kerajaan Jin pada waktu itu hampir mendekati angka jutaan jiwa. Diketahui pada waktu itu para jin tersebut hidup aman di balik Great Wall. Namun semuanya mengalami perubahan setelah kurang lebih 100.000 pasukan bangsa Mongol melintas di tembok besar kerajaan Cina itu. Di mana pada waktu itu jin belum siap dalam menghadapi serangan tersebut sehingga menyebabkan Hanya bisa bertahan sekitar 2 tahun saja. Pada akhirnya bagian utara berhasil dikuasai.  Akibat peristiwa itu semua senjata, arah seniman dan barang-barang berharga dipaksa untuk dikembalikan ke Mongolia sebagai hasil rampasan perang. Itulah pembahasan singkat tentang asal-usul bangsa Mongol yang perlu Anda ketahui.


Leave a Reply

Your email address will not be published.