Asal Usul Tentang Perusahaan Otomotif Ternama Di Jepang

Asal Usul Tentang Perusahaan Otomotif Ternama Di Jepang

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan merk otomotif asal Jepang ini yaitu Yamaha. Siapa sangka bahwa salah satu merek otomotif yang sangat terkenal di Indonesia ini dulunya merupakan perusahaan pembuatan alat musik dan elektronik. Namun dikarenakan ada beberapa faktor yang menyebabkannya hampir mengalami kebangkrutan, perusahaan asal Jepang tersebut memutuskan untuk memproduksi sepeda motor.

Sejarah Singkat Tentang  Yamaha Motor

Dulunya sebelum pendiri pertama  meninggal, Yamaha merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi alat-alat elektronik dan musik. Pada waktu itu pendirinya yang bernama Torakusu Yamaha berhasil membuat perusahaan musik terbesar di dunia. Namun seiring berjalannya waktu perusahaan tersebut mengalami beberapa kali pergantian presiden. Tepatnya pada tahun 1940 di bawah pemimpin Genichi perusahaan itu dipaksa berhenti oleh tentara Jepang. Sebab pada waktu itu di Jepang sedang ada peperangan, sehingga pemerintah meminta kepada Genichi untuk membuat peralatan yang mampu mendukung kekuatan para tentara Jepang waktu itu.

Kemudian perusahaan yang dipimpin oleh Genichi itu membuat tangki bahan bakar, baling-baling pesawat dan sayap. Bisa dibilang pada waktu itu perusahaan tersebut mengalami kesulitan dalam membuatnya. Pasalnya barang-barang itu belum pernah mereka buat sebelumnya. Dengan terpaksa perusahaan tersebut terus belajar bagaimana agar bisa membuat semua barang-barang itu secara baik. Akibat peristiwa tersebut Yamaha mengalami berbagai macam permasalahan. Salah satunya yaitu kurangnya pemasukan dari produksi alat musik. Tepatnya setelah perang berakhir pihak pemerintah Jepang menerapkan kebijakan kepada sekolah-sekolah yang ada di negeri sakura itu untuk mewajibkan para muridnya belajar musik. Dari aturan yang dibuat pemerintah itu menyebabkan keuangan perusahaan Yamaha menjadi membaik.

Pada tahun 1950-an, perusahaan Yamaha bisa kembali bangkit dengan sistem keuangan yang stabil. Kemudian Genichi memperluas usaha itu dengan cara melakukan sebuah inovasi yakin memproduksi sepeda motor. Alasan mengapa perusahaan itu melakukan inovasi dengan memproduksi sepeda motor dikarenakan pada saat itu kendaraan roda dua tersebut memiliki peluang yang besar di pasaran. Tepatnya setelah 35 tahun pendiri pertama perusahaan itu meninggal. Perusahaan yang tadinya memproduksi alat-alat musik resmi menggeluti dunia permesinan dan sekarang dikenal dengan Yamaha Motor.

Pada tanggal 1 November 1953, Yamaha telah memasuki industri pembuatan kendaraan roda dua. Pada waktu itu para karyawannya mulai merasa ragu. Hal itu dikarenakan perusahaan tersebut memiliki keterbatasan dalam skill menguasai teknologi. Selain itu persaingan juga semakin banyak. Meskipun begitu Genichi telah memikirkannya dengan matang dan sudah melihat ke beberapa negara di Eropa bahwa perkembangan dan pertumbuhan motor di sana sangatlah pesat. Produk kendaraan roda dua yang pertama dihasilkan yaitu motor Yamaha Y A1. Alasan mengapa produk itu diberi nama Yamaha Y A1 adalah untuk menghormati pendiri awalnya Torakusu Yamaha.

Produk sepeda motor Yamaha Y A1 itu pertama kali diluncurkan pada tanggal 11 Februari tahun 1955. Diketahui kendaraan roda dua buatan perusahaan asal Jepang itu memiliki mesin dengan cc 125. Perlu diketahui bahwa di awal penjualannya perusahaan asal Negeri sakura itu mengalami kesulitan. Tetapi dengan berjalannya waktu penjualan akan motor Yamaha Y A1 terus mengalami peningkatan.

Bukti bahwa terjadinya peningkatan dari penjualan motor itu adalah semakin banyak orang di seluruh dunia yang tertarik dengan warna kendaraan roda dua buatan perusahaan Jepang tersebut. Selain itu beratnya yang tergolong ringan mempermudah manuver. Perlu diketahui bahwa pada tahun 1955 divisi pembuatan kendaraan roda dua itu dipisah dari Nippon Gakki. Peristiwa itu ditandai dengan dibentuknya Yamaha Motor co. Ltd. Sedangkan target produksi awal yang ditetapkan oleh Yamaha pada waktu itu adalah 200 unit.

Perlu untuk diketahui bahwa selama membuat motor itu Yamaha mengalami banyak kendala misalnya blok mesin retak, mesin baru dipakai sebentar namun sudah rusak hingga desain yang dibuat kurang menarik. Dari situlah presiden perusahaan itu mulai untuk mencari solusi guna mengatasi problem tersebut. Namun sayapnya beliau tidak kunjung bisa menemukan solusi yang tepat, sehingga mengakibatkan untuk membuat  kendaraan roda dua dengan meniru sepeda motor tipe RT 125 yang merupakan produk buatan Jerman DKW.

Alasan mengapa pemimpin perusahaan Yamaha itu menjiplak kendaraan roda dua tipe RT 125 dikarenakan supaya nanti produk miliknya bisa ditiru oleh banyak produsen motor di seluruh dunia. Misalnya Herry Davidson Hummer atau BSA Bantam. Pada akhirnya tahun 1960, perusahaan yang dipimpin oleh Genichi itu berhasil membuat produk dengan kualitas terbaik. Bahkan produk itu sangat laku di pasar global. Adapun produknya yang dimaksud adalah Yamaha DT-1. Produk buatan perusahaan asal Jepang itu memberi dampak yang sangat besar untuk sepeda motor di Amerika Serikat. Penyebabnya dikarenakan memang produk itu sangat layak untuk ddigunakan Itulah pembahasan singkat tentang sejarah Yamaha Motor.


Leave a Reply

Your email address will not be published.